Siap Randu Part 4!!! Let’s Start The Business!

110

Cardo Jerusalem

 

Saat melewati lorong pertokoan, syahdu terdengar oleh rombongan Seorang pedagang melantunkan ayat Al-qur’an

Seorang dari rombongan menyadari, jika potongan ayat Al-qur’an yang dibaca, selalu dibaca berulang-ulang oleh pedagang tersebut, Mungkinkah ini sebuah sandi….

 

Ah benar merupakan sebuah sandi. Rombongan pun menghampiri pedagang tersebut. Pedagang tersebut saat melantunkan berhenti sejenak dan melihat kepada rombongan, setelah itu dia melanjutkan membaca Al-qur’an tanpa memperdulikan rombongan, bacaannya terhenti ditengah ayat pada tanda berhenti, pedagang tersebut tidak meneruskan bacaannya dan menatap ke arah rombongan.

 

Dan salah satu dari rombongan melanjutkan ayat tersebut sampai dengan selesai, dan terus berulang-ulang. Pedagang membaca salah satu ayat didalam Al-qur’an, dan berhenti ditengah ayat, dan menatap ke Rombongan seolah dari tatapannya berkata lanjutkan membaca ayatnya. Surah dan ayat yang dibaca selalu acak, seolah seperti ujian Hafidz. Dan terakhir pedagang itu membaca petikan Surat Ar-Rahman, setelah selesai pedagang menatap kembali kepada Rombongan.

Fabiayyi alaa

 

Rombongan saling menatap, mengingat kelanjutan dari ayat tersebut sangatlah banyak pilihannya, karena memang potongan ayat tersebut diulang bahkan pengulangannya sampai dengan 31X dalam Surat Ar-Rahman tersebut. Surah Ar-Rahman merupakan surah ke 55 di Al-Qur’an. Dan “Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” (فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ) diulang sampai 31 kali. Kalimat ini diulang dalam ayat 13, 16, 18, 21, 23, 25, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 45, 47, 49, 51, 53, 55, 57, 59, 61, 63, 65, 67, 69, 71, 73, 75, dan 77. “Fabiayyi ‘aalaa’i Rabbikumaa Tukadzdzibaan” (فَبِأَيِّ آَلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ) yang artinya Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?.

 

Cukup lama dalam kebingungan Rombongan hanya saling tatap sesama rombongan lalu menatap pedagang tersebut, pedangan tersebut hanya terdiam tanpa mengeluarkan sepatah kata pun, dan hanya bergumam hmmm… seolah berkata, ayo teruskan, ayo teruskan.

 

Akhirnya Sang Alpha atau pemimpin rombongan mengambil inisiatif dan memulai dari ayat 13, sambil terus membaca surat Ar-rahman sembari beradu tatap dengan pedagang, mereka berdua beradu tatap terus sepanjang Sang Alpha melanjutkan membaca surat Ar-rahman sampai dengan selesai ayat terakhir.

 

Setelah ayat terakhir sang pedangan menundukan pandangannya, dan berdiri seraya berkata “selamat datang saudaraku, sudah lama anda semua kami tunggu, dan mempersilahkan memasuki Toko Kainnya. Sesampainya didalam rombongan dipersilahkan duduk, “ah syukurlah…” Salah satu melati pagar bangsa menghela nafas panjang. “Tegang sekali tadi aku mas, aku kira kalian ga hapal suratnya, sambil menoleh ke tiga temannya. The Alpha menimpali temannya “Bukannya ga hapal tapi takutnya salah dengan maksud sang pedagang, karena ayat tersebut banyak pengulangan dalam Surat Ar-rahman, udah gitu ga tanggung-tanggung pengulangannya 31X, makanya kita bingung mau ngelanjutin dari mana, cuma daripada lama krik-krikkrik kayak jangkrik bikin tegang saya inisiatif mulai dari paling awal nerusinnya”. “Oalah iyo pisan yo mas” jawab Bunga.

 

Setelah sekitaran 15 Menit Sang pedagang menghampiri rombongan dan mengajaknya ke ruangan belakang, rombongan pun mengikuti Sang Pedagang dan tiba di sebuah ruangan tanpa jendela dan terdapat sebuah meja besar, pedagang menghampiri meja dan kreeeeeeeek….. kreek…. Meja terbelah dua bergeser, seperti ditarik dari kiri dan kananya. Lalu terlihatlah sebuah anak tangga yang menuju ke dalam tanah, yang seakan tiada bertepi karena gelapnya. Rombongan punya dipersilahkan masuk dan diberi lampu minyak beserta korek api, setelah semua masuk didalam Sang pedagang meminta mereka untuk berjalan lurus mengikuti lorong tersebut sembari dia keluar dan menutup pintu masuk dari lorong tersebut. Perintahnya jelas hanya tinggal berjalan lurus menyusuri lorong tersebut. dan meminta menonaktifkan semua perangkat komunikasi (handphone) yang dibawa oleh rombongan.

 

To Be Continue….

 

*gambar By Google dan Arsip Pribadi

Share.

110 Komentar

  1. ….bung PR….
    setelah ksau….dan sekarang ksad kmd ksal kunjungi negeri ozzie di 2019….
    1. adakah yg urgent krn memanasnya suhu regional di pasifik ? atau hanya sekedar courtesy call antara high ranking officer ?
    2. babar dunk bung PR kondisi mutakhir saat ini terkait talisman sabre dan selat hormuz dgn keterkaitannya thd national interest daripada nusantara ?

    • Hehehehe…….bisa jadi begitu ya….sekalian mo mutusin ulah usil ozzie atas papua merdeka via proxy2nya yg ditanam disana dan di kota2 besar lainnya….
      #lagi bertanya pada rumput yg bergoyang …(kata ebiet sich ya )

  2. Pemburu rajawali on

    Pertanyaan 1-3 kelas berat semuanya.
    Jawabannya:
    1. Bukan sekedar merebut lokasi tapi juga banyak oleh olehnya.
    2. Tiga misi sekaligus dijalankan bung pw. Jadi ibarat berlayar dg heavy frigate 1-2 Port dikuasai hehehe.
    3. LCS dan Hormuz adalah jalur laut utama juga penting yg satu hampir TDK bisa di ajak goyang ngebor beda dg yg kedua itu gendang blm di tabuh tapi penari udh joget sendiri dan penonton lsg nyawer..wkwkwkw.

    Apa pengaruh nya dg kondisi negara? Lah klo minyak mentah seret pasokannya apa siap ngantiri Berjam jam di pom bensin? Dah gitu aja! Punya kilang tapi hasilnya di “kencing in” terus berpuluh tahun ya lama lama jadi pengencer juga

  3. Pergantian presiden tersandung pasal 6 UUD yg secara jelas mengharuskan minimal 20% di suatu provinsi utk mjd presiden.

  4. Didalam sibuk di midle east rame goyang dombret…
    Sepertinya para patriot sedang sibuk warung auto pilot…

  5. Ehh bung @ PR, seperti turkey vs usa.. sepertinya..
    Angkasa Yudha dan Armada Jaya… sukses digelar ya bung @ PR ..kepoin behind scene nya…dong.. hehehe maaf..lancang..

  6. Pemburu rajawali on

    @priangan Alhamdulillah latihan dua Matra SDH selesai dg multiple skenario dimana semua skenaria berhasil di jalankan dg baik jg tepat sasaran. Ada beberapa skenario dadakan yg di terapkan tanpa notifikasi umum hanya level tertentu yg diberitahu. Inti latihan adalah pemantapan personel,peralatan juga taktik demi menghadapi ancaman di masa depan.. jawabannya datar ya bung!! Hehehe.
    Yg pasti ada beberapa peralatan baru sdg di tes habis’an

  7. Alhamdulillah…, Walau datar cukup rasanya, tinggal dirangkai. Walaupun sepi pemberitaan sepertinya bombastis sekali latihan kali ini sudah seperti real scenario…
    Terimakasih informasinya sukses dan sehat selalu [email protected] PR dan seluruh patriot…

  8. Pemburu rajawali on

    Dulu ada yg bermain fake terorist dan beberapa waktu lalu sy pernah sampaikan jgn sampai real terorist dtg kesini,dtg blm tentu buat rusuh secara harafiah tapi maknawi. Eh mrk datang bertandang beneran.hehehe

    Back door memang masih bertaji

    • Bung PR ….
      Sejauhmana pintu2belakang yg kita punya memberikan pengaruh dan daya tawar atas amanah pembukaan UUD1945 di negeri itu?
      Eniwei … Ini yg bikin orkestra selat hormuz apa ya pihak itu2 aja ato ada dalang baru ya? Goalsnya mo dibawa kemana toh ya jikalau harga minyak dunia mjd acak kadul di berbagai belahan dunia ?

  9. Pemburu rajawali on

    @pw nah itu level Wahid Taliban bisa datang dan pulang dg selamat padahal kepala mereka di hargai jutaan dollar.

    Hormuz strait itu cuma utk streching aja kok bung soalnya real fight nya ada di Golan,Gaza,Libanon dan busher Iran. Efeknya sih ga terlalu jika bicara crued oil tapi jika bicara bisnis Pipeline distribution for oil nah kita bisa oleng nih. Wong Singapura aja udh siapkan floating heavy tanker utk jaga2 jika Iran vs inggris-AS baku hantam.

  10. Pemburu rajawali on

    Harga minyak dunia sekarang bukan lagi monopoli produsen tapi stockist oil nya,di tahu dan paham jika AS, Jepang,Korea,China itu punya fuel storage juga fuel defense yg sangat besar. Apalagi AS sudah pegang Suriah selatan yg notabene ada sumber minyak jg gas Suriah disana. Bagaimana dg kita? Sebagian “otak” sdg dan sudah berada dlm Trak yg benar utk amankan pasokan supply dan sisa otak lainnya amankan “bagi2″ kursi agar tak ikutan oleng.

  11. Aku kira sebelumnya adl kampanye shale oil by th US as a substitute of crude oil. ….i guess my opinion was wrong. Well, all about is oil distribution businesses and about great israel protocol.
    Bila menengok dimari….syukurlah jika masih ada yg waras dan sehat wal afiat pd rel konstitusi meski hanya sebagian daripada pemangku jabatan .
    Eniwei…..bikin bangga aja itu ksatria2 bawah tanah penjaga pintu2belakang….amazing atas kesetiaan dan totalitasnya sbg ksatria nusantara…salute …hehehe.

  12. Pemburu rajawali on

    @pw hehehe anda tak salah kok bung cuma terlalu terang benderang.
    @sennopati jgn pesimis lah! RRC ITU Sampai hari ini blm 10% bisa kuasai negeri ini,bukanya sombong tapi ini fakta. Jika mrk bermain di politik itu harus jika mau amankan Trilyunan dollar investasinya. Sama dgn Jepang,Korsel,AS,Saudi,turki, Inggris, Rusia pun gunakan cara yg sama. Kendali kontrol tetap ada di tangan negri ini,mau mrk “berkuasa” tetap ada rantai yg mengikat tangan jg kaki nya, seberapa jangkauan rantainya?silahkan dalami konten media dgn teliti jg dalam. Ibarat makanan antara nasi bungkus 10ribu+uang 10rb vs nasi Padang Komplit sederhana tentu berbeda..hehehe

    • Coba sering berinteraksi dgn persh unicorn, internasional dan sejenisnya siapa saja isinya dan uang ada dimana.. Siapa saja yg bekerja dan spt apa. Gaulnya jangan sama pribumi aja karena makannya hanya bisa digerobak pinggir jalan

      Baidewai pak mul jadi agen bis listrik tiongkok skr.. Smg sukses pak mul.. Sayayjtunggu undangan makan2nya

      • Pemburu rajawali on

        Masa iya sih bergaul dg pribumi pasti makannya gerobak pinggir jalan..? Apakah dg bergaul dg kaum jetset unicorn dll menjamin akan makan di resto berbintang? Dan hidup bergelimang harta? Uang bukan segalanya dlm hidup ini bung sennopati. Dan jika pun dlm kekuatiran anda terbukti dikemudian hari menjadi provinsi RRC apakah hidup anda akan berakhir? Sy yakin sih tidak.

      • Pemburu rajawali on

        Dan kaum yg anda sebutkan di atas tadi semua alur uangnya kami tahu kok sumber “ASLI” nya. Mereka itu hanya sebagai pengelola finansial saja kok hehehe!

  13. Pemburu rajawali on

    Permainan bandul balance sdg dimainkan kan dg apik oleh mereka yg bertugas untuk memainkan agar balas kapal tetap bekerja dan motor kapal tetap berjalan. Jika terjadi Riot oleh sebagian ABK tentu hrs di hadapi dgn berbagai cara,sekarang ABK tsb terkurung dlm bilik kapal mrk sendiri! No way out no supply in and out jd mrk akhirnya tergantung dg pola permainan oleh pengendali Kapal termasuk awak kapal.
    Rumus 54/46 bisa di bolak balik tergantung kartu mana yg dimainkan oleh para pemain. Yg pasti kepentingan penonton jg pemilik warung hrs di utamakan sdg pemain cabutan hrs ikuti aturan main pemilik warung jika mrk masih mau duduk anteng di meja panjang.

    Strategi warung kopi dg kartu gaple..hehehe

    Selamat libur bagi yg sdg menikmati dan selamat beraktifitas bagi mrk yg bertugas. Tak selamanya mata itu harus dimanjakan dg cahaya jg warna cerah,tak selamanya telinga di budekkan dg alunan nada sumbang..

      • Coba download dcs aja bung bisa jadi pilot su27 atau jenis lainnya biar ngrasani ribetnya jadi piloyjkdan kompleksnya teknologi pswt.

        Syaratnya pc harus highend., internet ngebut minimal 40mbps karena paketnya 33GB dan gak gaptek karena njlimet

  14. Lha itu sudah dibabar sama bung pr ms2 rasa 35++ dan rasa pakfa. Dan diartikel yg lalu2 juga pernah diulas sama bung pr soal 35 entah yyg batch berapa ( mohon koreksi jika salah )

  15. Pemburu rajawali on

    10jam no power.. sebegitu pentingnya sebuah kalimat “listrik”! Kenapa bisa padam lama? Apa gunanya ada small Nuclear power plant jika tak bisa sbg back up power main back Bone distribution. Apa yg terjadi jika ini dlm keadaan open war? Kalang kabut kan! Hehehe bagaimana panik nya jajaran teras dg black out Jawa Bali.. just simply as push on a button! Turn itu off than you have a chaos!!
    Untung saja main defense punya triple multiple power back up jika tidak apa jadinya coba?.. tapi ada hikmahnya yakni emisi gas dan polusi berkurang banyak!!
    Selamat belajar pak! Ilmu itu mahal bukan hanya sebatas lembaran analisa semata.

  16. Pejuangzaadul on

    Wkwkwk.. ternyata lagi di kerjain toh. Untung rumah udah pake teknologi 4.0, listrik di rmh udah g pake kabel”an lagi. Wkwkkw
    Hebat emang pemerintah sekarang. Semua serba 4.0

  17. Pemburu rajawali on

    @pejuang benar bung,dua hari ini kita di beri pelajaran berharga mengenai energi dan pemanfaatan energi beserta produk turunannya. Selama berpuluh-puluh tahun bangsa ini sibuk dg sistem energi yg dianalisis masih berjumlah banyak seperti PLTU dan PLTA tapi lalai dg Solar power,wind power,wave power dan nuclear power*(tentu dg perhitungan cermat jg dalam). Jika konsep berdikari energi yg pernah di paparkan BJ Habibie era 90an diterapkan bertahap mungkin saja hari ini jutaan rumah tak akan gelap gulita dan anak2 bangsa masih bisa belajar dg tenang. Kita paham sekali bangsa ini kaya dg sumber daya alam baik air maupun fosil tapi bukan berarti tak bisa habis sumbernya. Solar power plant awalnya pasti high cost high tech tapi matahari selalu bersinar konstan dinegeri ini. Energi itu adalah back Bone nya sebuah negara selain tentu tentara jg rakyatnya,sebuah negeri yg kuat ekonomi jg militernya punya kekuatan lain yakni ketahanan sumber daya energi. Coba kita bayangkan berapa KW yg di butuhkan untuk menggerakkan sebuah sistem Radar GCI(ground Control Interception) lengkap dg EWS(early warning System)nya? Dg jangkauan 500km2 saja power nya bisa utk hidupkan 100rumah loh! Jika terjadi black out pasti ada backup generator nya! Ya tentu,tapi berapa lama backup tsb bisa berjalan kontinyu?. Hari ini semua bandara terpaksa di kontrol melalui udara demi keselamatan bersama.

  18. Bung PR,mengenai berita rencana penempatan rudal paman sam di kanguru stlah keluarnya dari perjanjian INF dengan Beruang apakah garuda sudah siap dngan penangkalnya,..apa misil itu jg berkemampuan Nuklir?

  19. Pemburu rajawali on

    No perfect crime loh! Semua akan terkuak nanti siapa dan untuk tujuan apa “blackOut OPs” ini? Telunjuk dan pisir mana yg akan membidik dan terkena bidikan? Semua akan terjawab tak lama lagi!

    Selamat menikmati kopi di remang nya malam..

    • Pejuangzaadul on

      Sering” aja begini bung PR. Biar rakyat bisa berfikir mandiri n g bergantung sama pemerintah. Rakyat indonesia itu klo lagi terdesak pasti kreatip buanget. Negara lain g ada yg bisa ngalahin kreatipnya orang indonesia. Klo bisa mah seminggu 2 hari, sabtu n minggu + bbm langka. Wkwkwk
      Paling yg ribut para pengusaha klo listrik mokat mulu. Rakyat kecil mah santai aja. Paling g bisa main mobel legen doang. Wkwkw

  20. Pemburu rajawali on

    @jack tergantung dari perintah pemimpin nya,Krn pada dasarnya ICBM dan Medium balistik bisa pakai dual warhead yakni konvensional*dan nuklir terbatas. Tentu ahli analisis kita sdg dan sdg bekerja dg full kapasitas untuk memetakan efek dari pembatalan INF ini..cuma syg tak bisa di beri sekecil tetesan pun..hehehe! Yg pasti masing masing pihak sibuk cari sponsor jg suporter

  21. Dengan berakhirnya era perjanjian INF apakah indonesia berniat untuk membuat rudah jarak jauh mengingat australia kini sedang intensif dalam menyiapkan pertahanannya dengan Amerika bung PR

  22. Tips dari Confucius dalam ber negara ber bangsa

    The superior men, when resisting in safety does not forget that danger may come…
    When in state of security, he does not forget the possibility of ruin…
    When all is orderly, he does not forget that disorder may come …
    Thus his person is not endangered and his states and all their clans are preserved

  23. Hehe…kan memang sistemnya mati [email protected] 2 sirkuit sistem hilang tiba2 dan Dirut PLN secara teknologi masih mencari penyebabnya…itu kata Dirut PLN nya sih bukan kata sy lho …aq sih cuma bisa bayar listrik aja …hehehe
    .

  24. Pemburu rajawali on

    @premam ya sistem nya sih ga kemana mana wong masih di server itu kok. Yg menyebalkan itu mrk sering malas dan lalai tes jaringan utama,back up dan emergency. Nah pas kena “sengatan” pakai setetes embun langsung jepret pret. Wong ancaman mengenai kelangsungan energi saja masih di cuekin tapi ada hikmahnya juga dg black out Jakarta Krn para awak user yg suka drill emergency BSA lsg praktek lapangan tanpa eror.. ga kebayang sebuah tower sipil kalang kabut saat screen airNav nya blank!.

  25. Pemburu rajawali on

    Wong joki pesawat dan kaprang bahkan tank sekalipun punya drill kondisi darurat saat main power down 10-30-50-70-100% kok lah ini sekelas penyedia jasa monopoli blm terpikir untuk bikin drill kaya gitu..ealah!! Jgn kan drill masalah energi,wong kalo drill kebakaran dan gempa saja blm pada mau ikutan jd partisipan drill nya. Padahal drill itu untuk mengurangi resiko dan memaksimalkan respon juga nalar/intuisi..itu pendapat saya,bisa cocok bisa juga tdk

  26. Pemburu rajawali on

    @preman hehehe.. kalo bisa dan masih ada sisa sistem yg buat mikir. Wah putin lagi kesel goro2 gudang nya jebluk di sengat C4

  27. Pemburu rajawali on

    @defcon jika di maksud bersaing dlm kapasitas produksi jg penggunaan user tentu pod kita masih bersifat lokal tapi berkemampuan setaraf equals with dg produk luar. Enaknya adalah kita tak perlu kuatir lebih dg masalah data serapan hasil uji saat pod tsb di gunakan.

    Cyber war with black energy and Mad LoT dibungkus Malware maka jadi apa hayoo? Nah anak2 BSN,BIN,Cyber Army jika anggap enteng 3 hal tsb maka ulah mrk di 2015 pada sebuah negara di Eropa sana adalah bukti nyata sehingga sepenggal wilayahnya bisa jatuh tanpa single bullet firing. Jgn si sengon kalian salahkan! Dulu si Petir dan Pak Jati serta Bu Angin ribut jadi tersangka marilah cerdas dan jauh keluar utk menengok 2 hari blackout Krn apa. Masa ga malu jika sebuah Kedubes saja bisa kirim report analisis Jakarta blackout dlm hitungan jam dari Jakarta ke main Base OPs nya. Sekali lagi kasihan si Sengon yg tak punya andil jd tertuduh. Hehehe! Jika PLN mau cukup tanya dg para ahli cyber TNI maka kalian akan temukan jawabannya!! Belajar dari kesalahan itu wajib tapi berlaku pintar Krn tak mau akui kesalahan adalah BODOH..

    Metode ngopi siang siang!!

  28. @Bung PEMBURU RAJAWALI,
    Maaf Bertanya Out of the Topics, mengenai rencana Aset negara yang Ada di DKI bakal di “TUKAR GULING” untuk pembiayaan pemindahan Ibu Kota negara?
    To me it sounds Fishi, apakah sekenario menjadikan Jakarta seperti Singapura belum pupus? setelah gagal Pilkada DKI mereka memakai jalan lain?
    Sumber ” Gelora News”

  29. Alhamdulillah Enzo tidak terbukti terpapar radicalism. Tidak seceroboh itu AD menyeleksi taruna nya.
    Enzo bisa memilih jadi Legionnaire atau Masuk AB Perancis, Tapi memilih menjadi ksatria nusantara. ( ditanya ingin menjadi infantry commando!)
    Banyak putra bangsa yg bergabung jadi tentara Singapore atau masuk tentara America dan
    Legionnaire , biar jadi warganegara setempat.

  30. Pemburu rajawali on

    @panca pindahkan ibukota itu hrs ada urgensinya dulu! Tak segampang pindah kontrakan loh! Paling utama adalah infrastruktur utama dan bantuan,blm sistem komunikasi juga jaringan listrik,yg paling krusial adalah biaya dan keuntungan nya itu apa? Sy sih menduga Krn ada pameo matahari kembar di Jakarta hehehe! Saking “panas”nya sampai ada yg ngalah ngadem di Bogor! Lebih elok dan strategis adalah perbaikan sistem kelistrikan di Kalimantan,sulawesi,Papua itu lbh prioritas,kasihan saudara kita disana msh suka byar pet LBH sering di Banding Jawa/sumatera. Wong pindahkan 3 Mabes jadi satu komplek kawasan saja ribetnya minta ampun..wkwkwk

  31. Pemburu rajawali on

    @defcon hehehe cerita dibalik si Enzo itu ada yg lbh GILANI loh! Apa karena seorang Enzo sangat mencintai agamanya jadi di bully habis’an? Tahukan anda semua jika di candradimuka Akmil juga di ajarkan syariat Islam dlm pertempuran jg ibadah? Sebelum latihan fisik dasar maka yg beragama wajib ibadah subuh/pagi sesuai tuntunan agamanya setelah itu latsar fisik ringan,mandi,makan pagi bersama baru latihan luar ruangan/dlm kelas..

    Mbok kalo mau bully masuk dulu dan lihat atau minimal nginep lah di barak para catat seminggu saja agar paham hehehe..

    Paling susah itu masuk Akmil adalah litsus keluarga baik lingkup kecil-keluarga besar. Byk catar yg gagal dlm litsus ini walaupun mrk bagus dlm penilaian lain.

    • Pindah ibukota jelas ada urgensinya toh dilihat dari demografi penduduk di kalimantan dan yg penting cuan ngalir banyak… Ksatria nusantara pwnsiun aja atau gabung banser sbg penasihat

  32. Pemburu rajawali on

    Tembok “khusus” mulai menunjukan hasil.. metode Scrambler egg di hot plate mulai mengeluarkan aroma khas nya. Tak ada yg bernyali bermain di kaki sendiri,semua mulai meminjam kaki orang lain untuk menginjak kaki lainnya.. pemain mulai lupa dg pola permainan dan penonton “lurus” sdg menunggu aba aba dirigen utk gegap gempita.

    • Lho …lhooo…..bung PR….mo ada apakah gerangan terjadi ya?
      Koq pemain lupa ama permainannya sendiri shg harus pinjam kaki orang lain?……ternyata para pemainnya takut mati duluan juga ya smtr sang dalang bisa bebas melenggang nikmati buah program pengkhianatan dan materi dunia ….apakah demikian adanya?
      Lha terus aku harus gimana ya bung ?
      #edisibelajardanngomporinbungPR.

      • Pemburu rajawali on

        Ikut panjat pinang aja bung pw hehehe.

        Dua sepuh kaprang sudah non aktif.. jika menjadi floating museum akan banyak manfaatnya. Di upgrade pun masih bisa dan layak asal dananya ada.

  33. Pindah ibukota untuk apa? Apa urgensinya? Saat ini yg paling urgen adalah menciptakan ketahanan pangan dan energi. Lebih baik sumber daya yg ada dikerahkan utk itu. Apakah seorang muslim yg ingin beribadah dan mengamalkan ajaran agamanya dgn baik selalu dicap radikal? Apa radikalismenya itu? Saat ini radikalisme hanya teory dan hipotesa yg selalu digaungkan penguasa skg utk menghancurkan pesaingnya. Radikalisme hanya dongeng sebaliknya yg nyata dan pernah melakukan radikalisme spt PKI saat ini malah berkembang dlm wujud neo PKI.

  34. Mohon ijin menyampaikan giat unjuk rasa Mahasiswa Papua Merdeka di perempatan Jl.Basuki Rahmat Malang.

    Jam 09.00 Sekitar 100 Mahasiswa Papua di malang melakukan unjuk rasa tanpa ijin dan berusaha menutup jalan utama Basuki Rahmat Malang,sempat terjadi bentrokan dengan pihak aparat kepolisian dan TNI.
    Massa berhasil digeser ke pinggir perempatan jalan.
    Saat ini situasi masih tegang antara aparat dan pihak unjukrasa.

    Tuntutan pembebasan mahasiswa papua yg ditahan di Polda papua dan Papua Merdeka.

    di video terlihat polisi kok sepertinya gak bernyali kalo ada orang papua demo… :(

  35. Dirgahayu republik Indonesia ke 74
    Walaupun hidup dinegeri ini berasa kek di minimarket, pas naruh kendaraan gak ada orang, eh pas mo pergi dimintain duit, fotocopynya serebu parkirnya 2 rebu, makin banyak “londo ireng” di Negeri ini

  36. Pemburu rajawali on

    Jika sebuah diskusi internal menjadi konsumsi publik tanpa batas,fakta juga pemahaman mendalam dlm isi diskusi tsb maka akan menjadi pemantik yg bagus utk daun kering. Bayangkan ada sebuah komunitas disebuah pulau di tenggara negri ini yg mencitakan sebuah angan utk berdiri sendiri,saat ini mrk baru sebatas impian tapi kedepannya akan menjadi sebuah angkat senjata berafiliasi dg OPM. Cita2 kelompok ini adalah mewujudkan impian pendahulu mereka saat tahun 60an. Makin tua umur negeri ini maka makin dalam dan besar ancaman disintegrasi nya.

  37. Dan celakanya, “elit” negeri ini hanyalah segerombolan serigala rakus dan kelaparan. Perduli setan kalau negeri ini tercabik2 dan terkoyak. Meskipun ada beberapa kesatriya nusantara yg bersih. Tapi selagi elit negeri ini di isi dengan gerombolan serigala2 dan diback up oleh mafia2 super kaya, dan apabila tidak ada upaya untuk melenyapkan mereka, akan semakin banyak disintegrasi akibat ketidak puasan pada kebijakan pemerintah. Meskipun begitu, inilah negeriku, rasa cinta pada bumi pertiwi tetaplah berkorbar. Dan saya yakin, harapan itu tetap ada. Dirgahayu Nusantara.

    • coba om jalan2 ke pulau G reklamasi utara jakarta, yang kemarin pak anies boyong hulubalangnya untuk menyaksikan dmn tanah air kita bukan kita yg memilikinya…..patga kudu berkunjung sepertinya…reklamasi bukan di wilayah jakarta saja…masih ada 4 daerah wilayah reklamasi

    • ya demikianlah adanya dan dapat disimpulkan bahwa memberi ijin misionaris secara masif menimbulkan potensi perpecahan yang tak tertahankan.

    • Coba tanya ama srimul menteri terbaik segalaksi… Ada duit gak buat operasi militer… Operasi katarak pun cekak hahahahahaha

  38. Pemburu rajawali on

    Hehehe.. beberapa waktu lalu sdh Sy sampaikan bahwa akan ada gerakan di kota2 Papua yg akan kasih kado saat milad republik ini tapi di anggap sepi. Manokwari adalah tes bed utk hal yg lebih besar lagi,sdg Surabaya adalah tes case phase awal utk Jawa. Secara simbolis Surabaya punya RUH dlm kemerdekaan negeri ini Bu. Mrk yg rusuh di Surabaya sejak 2 tahun lalu memang ada bibit yg cukup utk hal yg lbh besar lagi.
    Ingat dg konsensi saat Timor Timor di era 80an? Berapa banyak putra-i Timor Timor yg jd perioritas pendidikan dibanding anak negeri lain padahal itu adalah big plane utk rencana melepaskan diri dari aneksasi.. pokoknya para elite OPM jg West Papua akan adakan aksi di Desember demi tujuan TUAN Besar dan Tuan Kecilnya. Jika Jakarta anggap enteng maka Desember bakal kerja keras TNI jg Polri

  39. Pemburu rajawali on

    Para Bintang sepuh ini sering bikin jengkel dg polah pikir yg merasa “lebih paham Negri dan keamanan” dg basic era mereka tapi melupakannya sebuah big Plan yg sdg berjalan pada negeri ini. Jgn anggap remeh setiap riak riak kecil protes berbau agama,suku juga lahan wilayah. Semua itu adalah Tools utk aneksasi. Ekstrim memang tapi inilah yg terjadi sejak 40tahun lalu. Apa susahnya sih berangus OPM baik di dalam maupun Luar negeri? Apa perlu ada “Marawis”lokal baru melek Jakarta? Jgn apa2 minta maaf tapi hukum di abaikan. Belajar dg sejarah Timor timur dulu,mirip 100% Pola nya..

  40. Pemburu rajawali on

    Kesusksesan dan keberhasilan kelompok tsb dalam take over Manokwari lengkap dg bakar Dwi warna adalah hasil yg memuaskan pihak donatur kelompok tsb,dlm hitungan menit dan jam seluruh kota Papua bersiap hadapi aksi take over lanjutan termasuk kesiapan personel khusus OPM yg dilatih bertahun-tahun di luar negeri siap utk dimainkan dan ending nya adalah jelas “konsensus politik jg wilayah” sesuai janji segelintir manusia tamak.

    Ini sebabnya beberapa waktu lalu masif nya latihan kecabangan juga antar satuan tempur TNI,semua itu utk unjuk kesiapan jika ada pihak yg mau bermain Urban Warfare totally..

  41. Cewek yg di twitter itu bilang, satu2 nya Cara agar Papua tidak lepas adalah memindahkan ibukota ke Papua… Mmmhh sudah spt itu…

    • Setelah pindah ternyata situasi politik disana tidak kondunsif dan senakin meruncing akhirnya secara de facto nkri bubar itu rencananya toh

  42. Memang pola di papua ini saya lihat sama seperti polanya timur2 dulu dan motifnya jg sama yaitu adanya referendum. Untuk mengantisipasi perlu adanya rencana A dan B. Saya percaya intelejen kita sdh mempunyai great design musuh nkri ini.

  43. Pemburu rajawali on

    Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau akan menjadi dari Medan sampai Sangihe berjajar pulau-pulau..

    Referendum di bulan Desember.. untuk ujung kedua sayap Garuda.

    • Kuli pelabuhan on

      Bung PR, kalo sdh di diagnosa kedua ujung sayap garuda bakal bermasalah, vaksin apa yg sdh disiapkan para punggawa kita? Mohon clue nya biar hati tenang

  44. Tinggal di balik saja selogan yg dulu mereka buat : “Mau berapa kali ganti presidenpun jika kamu malas tetap saja kamu miskin..” dibalik jadi : “Mau bubar atau tdk pun NKRI tetap saja kamu makan cari sendiri..”.

    Sekarang prinsip sy sudah bodo amat dgn NKRI, mau tetap berdiri utuh ya Alhamdulillah, mau dipreteli satu persatu terserah, didepan mata ada korupsipun bodo amat, selama gak ganggu saya, terserah apa mau mu, lakukan saja…
    Toh kemarin ada kesempatan dgn banyaknya jatuh korban, dan rakyat memohon mohon bantuan para hulubalang,,, para hulubalang diam saja.
    Jika NKRI bubar ya tinggal pulang saja ke tempat kelahiran, ganti KTP disana, negara apa disana dll, selesai.!!

    • hulubalang blom sadar besok lusa atau nanti dia akan tergantikan….atau mungkin anak cucunya akan susah kesempatan kerjanya…rezeki orang tua blum tentu rezeki anak…….bank mandiri sepertinya hitungan bulan jatuh ke tangan asing efek domino akan terjadi…PHK massal…

  45. Saya kira kebanyakan dari para hulubalang jg tau,merasakan ( lebih malah) sperti yg kita rasakan.
    Tp untuk bertindak diluar ketentuan, mungkin merka sangat berhitung (efek lanjutan kedepan dll) dan jg yg pasti..mereka terbelenggu SUMPAH.

  46. Pejuangzaadul on

    Knp mesti kaget dg kejadian di papua. Toh kejadian itu bisa terhadi karna memang sengaja di biarkan oleh para pengambil kebijakan. Gimana patriot mau ngurusin dari sabang sampai merauke. Ngurus sekelompok orang” brengsek dan curang aja g berani. Katanya ini lah itu lah. Preeet… Negri udah gawat gini masih aja mikirin peraturan. Lu kira klo perang itu peraturan masih dipake. Wkwkkw

  47. tarik garis merah dulu ahh……
    Jakarta blackout —— kasus UAS ……. rusuh Papua …… ?
    hanya kebetulan kah ,ato ini peringatan dari someone……

Leave A Reply