LONG JOURNEY ( Hoax Corner Part 11 )

156

LONG JOURNEY
Part IA : The Assignment of Sea and Air

citoxnew54

Awal tahun 2014, Cilandak

Dalam sebuah aula di Markas Marinir, tampak sekitar 30-40 orang berkumpul. Di depan tampak Kolonel mendampingi seorang Jenderal Bintang 1 memberikan pengarahan:
Jendral : “saudara2, saya kumpulkan saudara2 hari ini untuk memberitahukan sesuatu kepada kalian. Sesuai arahan Panglima 3 hari yang lalu kemudian dilanjutkan dengan pertemuan di Markas Sentul, akan ada tugas khusus buat saudara2 sekalian.
Kalian sudah kami seleksi secara administrasi dan kemampuan kalian memenuhi standar prajurit yang akan menjalani tugas khusus ini”
Hening sejenak, kemudian sang Jenderal melanjutkan pemaparannya:
Jendral: “kalian akan dibagi menjadi 3 regu, dimana 2 regu akan bertugas di sebuah daerah dengan suhu yang sangat ekstrem dinginnya, sedangkan 1 regu lagi akan bertugas di daerah dengan suhu yang sangat ekstrem panasnya… Semua regu akan ditambah dengan 1 regu Kopaska dan 1 regu Denjaka… Total untuk area dingin menjadi 4 regu, sedangkan area panas menjadi 3 regu…Rincian tugas nanti akan dibagikan oleh Kolonel Dirga, silahkan dibaca dan kalau ada pertanyaan silahkan, nanti Kolonel Dirga yang akan menjawabnya”
“Siap Jenderal…” jawab seluruh peserta…
Jenderal: “untuk Marinir wanita, kalian diiukutsertakan karena kualifikasi kalian yang dibutuhkan, bukan karena kami menghendaki adanya prajurit tempur wanita dalam tugas ini… Kalau kalian ingin mengundurkan diri, silahkan dari sekarang dan kami pun memakluminya….
Kalian siap?” Tanya sang Jenderal kepada 12 wanita Marinir….
“Siap, kami siap Jenderal” jawab 12 wanita Marinir ini serempak…
Jenderal: “Kolonel Dirga, silahkan dibagikan rincian tugasnya kepada mereka..”
“Siap Jenderal”, jawab Kolonel Dirga… Kolonel Dirga pun membagikan semacam map kepada masing2 anggota Mariinir ini termasuk kepada 12 wanita Marinir…..

Sore harinya di suatu rumah dikawasan Cilandak
“Pak..bu…. Rima dapat tugas dari kesatuan” Sertu Rima membuka pembicaraan dengan kedua orang tuanya dengan wajah gembira….
“Kemana nak penugasannya?” Tanya sang ayah kepada putri semata wayangnya ini…
“Jadi pasukan perdamaian PBB di Libanon pak….. Selama 1 tahun lagi..” jawab Rima
“Tapi Rima harus masuk pelatihan khusus dulu pak di Sentul, selama 6 bulan… Baru setelah itu dikirim ke sana….”
“Kapan mulai pelatihannya nak?”
“2 minggu lagi bu…..Rima harus masuk asrama di Sentul…. Setiap 2 minggu sih boleh ambil libur kok pak..”
“Cuma kamu yang ditugaskan ikut nak?” tanya ibunya
“kalau yang wanita ada 12 bu, termauk Asih, Kirana, Esty sama Kiki bu… Kan kita satu litting bu..”
“Ya sudah kalau begitu, bapak sama ibu bangga kalau kamu bisa ikut ke Libanon jadi pasukan disana” jawab bapaknya…

hadian7

Margahayu, Bandung Selatan

Aula di pusat pendidikan Paskhas tampak 40-45 orang berkumpul untuk diberi pengarahan oleh Kolonel Syamsul..
Kolonel: “saudara2 saya kumpulkan disini untuk briefing suatu tugas yang diberikan oleh Panglima kepada Korps ini…
Setelah melalui tahapan seleksi administrasi dan keahlian, maka saudara2 adalah yang terpilih untuk tugas ini ke depannya….
Saya harapkan saudara2 dapat mengemban tugas ini dengan sebaik2nya dan menjaga nama Korps di tempat penugasan…
Saya sangat berharap bahwa kalian nanti dapat kembali dengan selamat dan tidak kurang suatu apapun juga..”

Kolonel Syamsul pun menatap kepada seluruh peserta briefing, kemudian menundukkan kepala sambil menghela nafas panjang…
kemudian Kolonel Syamsul pun melanjutkan:
Kolonel: “kalian adalah yang terbaik dari Korps ini…. tugas ini tidak mudah dan dibagi kedalam 2 area penugasan…
Satu di daerah sangat dingin, dan yang satu di daerah yang panas….
Untuk regu yang di tugaskan ke daerah dingin, akan melakukan latihan pendahuluan dengan Korsel, menempel pada Kompi yang akan ikut Latma disana, setelah itu kalian akan di terbangkan ke daerah pelatihan selanjutnya…. Sedangkan regu yang lain, akan menempel pada pasukan perdamaian PBB, kemudian memisahkan diri untuk tugas selanjutnya… Masing masing daerah penugasan berjumlah 2 regu dengan masing2 di ikuti satu regu DenBravo 90…..
Untuk 10 wanita Paskhas, kalian adalah yang terbaik di bidang kalian masing2… Misi atau tugas ini membutuhkan kalian, bukan karena kami atau Panglima ingin membuktikan bahwa wanita Paskhas bisa bertempur… Keahlian kalian lah yang membuat kami memutuskan bahwa kalian masuk kualifikasi tugas ini….” Kolonel Syamsul jeda sebentar kemudian melanjutkan kembali:
Kolonel: ” Rincian tugas sudah dibagikan, silahkan dibaca, kalau nanti ada pertanyaan silahkan, kapan saja kalian akan bertanya, saya akan menjawabnya nanti…. Silahkan ke ruangan saya bila nanti ada pertanyaan”
“Siap, laksanakan Kolonel..!!”jawab mereka serentak….

Sore harinya di kawasan Kompleks Paskhas Lanud Sulaiman
“Dik, saya ada penugasan dari kesatuan… jadi pasukan perdamaian PBB di Libanon..” Kapten Agus memulai pembicaraan dengan istrinya…
“wah bagus dong mas…itu kan cita2 kamu dari dulu..” jawab sang istri..
“iya dik, Alhamdulillah mas dipercaya untuk ikut…. tapi harus masuk pelatihan dulu dik 6 bulan di Sentul.. ndak apa2 kan dik?”
“ya ndak apa2 mas, lha itu kan sudah tugas kamu sebagai prajurit mas..”
“Bisa cuti libur kok dik setiap 3 minggu…mas pasti pulang ke sini…kangen sama kamu dik…hehehe”
“iihhh mas genit deh….masih sore nih… awas saja kalau nggak pulang pas cuti….tak kirimin granat nanti…” sambil tertawa sang istri menjawab..
“berapa lama penugasan mas di Libanon nya?” tanya sang istri
“kurang lebih setahun dik….yah biasa lah paling ngurusi wong wong Libanon…kayak pengobatan, ngasih pendidikan sama anak2 disana…sama patroli bersama dengan negara2 lain dik” jawab Kapten Agus….
“aku lihat di internet kalau wanita2 disana cantik2 ya mas?”
“awas lho ya sampai kepincut orang sana mas, tak jewer “anu” mu mas” canda sang istri..
“hahaha….ya nggak dik…lha dapetin kamu saja sudah setengah mati….hampir 3 tahun aku deketin kamu, baru kamu kepincut aku dik…. kepikiran gaet wanita sana juga nggak…kamu sudah cantik dan sempurna buat aku dik….hehehe”
“iiiihhhh dasar gombal mas ini.. ayo makan dulu mas, sudah tak siapin makanan kesukaan kamu..” sambil tersenyum menjawab godaan Kapten Agus…..

hadian2

Markas Kogabpassus Sentul
Jenderal: “Kolonel Ardi, bagaimana status rekrutmen dari tugas di 2 daerah berbeda, sesuai arahan Panglima kemarin?”
Kolonel: “Siap, melaporkan bahwa 3 regu Marinir sudah terbentuk, ditambah 4 regu Paskhas yang siap”
Jenderal: “saya lihat ada sekitar 20an orang wanita dari 2 kesatuan ini Kolonel….”
Kolonel: “siap, memang benar Jenderal….keahlian mereka yang membuat mereka lulus kualifikasi untuk 2 penugasan ini…. Ada yang spesialisasi Combat SAR, kualifikasi penerjun taktis, ahli bahasa, komunikasi, infiltrasi dan ada yg kualifikasi sniper Jenderal…”
Jenderal: “baik kalau begitu, rincian penugasan kan sudah mereka terima, memang untuk yang daerah Timur Tengah belum disiapkan secara khusus, tapi garis besarnya kan sudah…. Kawat dari Moskow sudah kita terima belum?”
Kolonel: :Siap, sudah Jenderal….Vladivostok sipa menerima tim kita disana… Tapi ada perubahan di Timur Tengah Jenderal… Tim kita diminta untuk menyiapkan pangkalan AU dan AL di wilayah Suriah Jenderal”
Jenderal: “hhmm jadi juga keliatannya mereka masuk di Suriah kalau begitu….. Oke Kolonel, kita siapkan rincian detail penugasan tim kita di Suriah, kontak Moskow apa saja yang mereka butuhkan sebelum mereka masuk gelanggang perang Suriah”
Kolonel: “siap, laksanakan Jenderal..!!”

Bersambung

By Patsus Hadna Biro Jabodetabek
Gambar ilustrasi by Google dan Patsus Citox

Share.

156 Komentar

  1. hahahaha….ampe ketwa saya bung baca itu “anu”nya…
    oh iya bung numpang tnya ko dri matra darat kopassus g dilibatin sekalian y dlam regu tersebut…?

  2. Timur_Nusa Kambangan on

    Kalau baca artikel bung Hadna, spt sedang melihat tanyangan film dalam bentuk tulisan.
    Ada paragraf yg menunjuk ke situasi serius, ada paragraf yg ke situasi hubungan keluarga, cinta, jenaka, dan sanggup menghipnotif pembaca untuk kembali membaca lagi dan lagi sehingga para pembaca akan selalu siap menunggu artikel berikutnya.
    Secara pribadi saya sangat menikmati mengagumi karya anda Bung Hadna.
    Hehehehe….
    Salam PatGa

  3. Jenderal: “baik kalau begitu, rincian penugasan kan sudah mereka terima, memang untuk yang daerah Timur Tengah belum disiapkan secara khusus, tapi garis besarnya kan sudah…. Kawat dari Moskow sudah kita terima belum?”
    Kolonel: :Siap, sudah Jenderal….Vladivostok sipa menerima tim kita disana… Tapi ada perubahan di Timur Tengah Jenderal… Tim kita diminta untuk menyiapkan pangkalan AU dan AL di wilayah Suriah Jenderal”
    Jenderal: “hhmm jadi juga keliatannya mereka masuk di Suriah kalau begitu….. Oke Kolonel, kita siapkan rincian detail penugasan tim kita di Suriah, kontak Moskow apa saja yang mereka butuhkan sebelum mereka masuk gelanggang perang Suriah”
    Kolonel: “siap, laksanakan Jenderal..!!”

    Wow bakal terjadi perang besar di suriah nih , dan kenapa russia meminta pasukan indonesia untuk menyiapkan pangkalan AU dan AL di suriah ???
    Mohon pencerahannya yang anda ketahui Bung Hadna

    • Bung tsunami, dalam cerita ini pasukan yang paling dihormati dalam setiap penugasan PBB adalah Indonesia…dan Rusia tahu itu, makanya kemungkinan meminta bantuan Indonesia yang lebih bisa diterima oleh angkatan perang Suriah……hehehe

      • Bakulo Wajaro on

        Hehehhehehe… Sedikit menambahkan ya bung Hadna… Dgn melibatkan TNI di medan suriah akan memudahkan rusia memperoleh data intelijen lapangan yg valid dan akurat utk melakukan ops militer krn TNI sdh cukup lama berada di libanon sbg penjaga perdamaian di wilayah tsb bahkan sebelum konflik suriah pecah. Data intelijen di wilayah libanon dan sekitarnya termasuk suriah dan israhell sdh dikuasai oleh para pasukan garuda secara detail dan itu sgt membantu rusia dalam mempersiapkan serangan secara cepat dan efektif utk menumpas isis dan sekaligus memadamkan pemberontakan yg didukung oleh asu dan sekutunya, berdasar dari semua fakta itulah yg membuat RI hingga hari ini tdk mau bergabung dgn aliansi yg dibangun arab saudi dan sekutunya. Berbekal kepercayaan dan keberhasilan serta kiprah yg baik di tengah konflik libanon-israhell, membuat TNI bisa diterima oleh seluruh warga serta pemerintah libanon dan mudah melakukan kontak dgn seluruh pihak dan faksi yg terlibat di konflik suriah termasuk pemerintah assad, hizbullah dan para pejuang sunni. Semoga penyelesaian konflik di suriah dapat berjalan dgn baik dan tdk menjadikan negara itu hancur lebur akibat fenomena arab spring yg direkayasa oleh pihak2 pengacau dunia.. Salam Patriot Adios Amigos..

  4. Salam hormat untuk bung Hadna. Kalau melihat sekilas apakah ini sebab kita menolak bergabung ajakan aliansi Arab Saudi? Terima kasih atas tulisannya yang spektakuler 🙂

    • Bung Urquan, kenapa kita tidak gabung dengan aliansi Arab Saudi? Krn isu yang diusung adalah perang antara Sunni dan Syiah…. Kita tidak pernah menggubris apa pun kalau itu perang atas nama agama apa pun…. Dan disinyalir ada tujuan tertentu yang didukung oleh US dan Turki…

  5. BintanG Timur on

    untuk pangkalan AU di suriah mungkin ini untuk kedatangan pesawat kita hasil tot dari russia yaitu mig 35 dan su 35..
    untuk pangkalan AL di suriah kemungkinan kedatangan korvet yg mampu meluncurkan kalibr dan kedatangan destroyer terbaru untuk di tes dulu..
    sedang menGapa kopassus dikirim disana?kemungkinan ada misi terselubung untuk mempraktikan taktik perang kota langsung dilaganya..dn kemungkinAn kopassus ini diminta suriah untuk menghabisi petinggi isis..Selain itu mungkin juga memberi bantuan pelatihan perang tiga matra di palestina…Sekedar hoax jangan dipercaya

  6. Ehhhhmmm mantab hoaxnya……..smga kebenaran sllu ada di dlam hoax yg sllu membngkitkan nasionalisme berbangsa&bernegara. NKRI harga mati…….!!!!!!

  7. Apakah ini pasukan tanpa nama itu? 1 regu di area panas kemungkinan ditaruh di suriah, sedangkan 1 regu lagi ditaruh di area dingin, dimanakah kira2? Terimakasih Bung Hadna atas cerita hoaxnya. Salam kenal.

  8. Apakah misi yg di suriah memburu terroris yg wkt taun kemarin ngancam bapak presiden,polri dn pak moeldoko sewktu menjabat panglima itu yh bung hadna.?

    Di tunggu lanjutan artikel hoak’y bung hadna.
    cerita’y bikin jantung deg deg serr alaihim.!!
    salam cinta damai bwt keluarga NKRI dan khusus’y para pejuang patga.

  9. bung hadna, ini permintaan resmi dr syria ato rusia?kontak di syria apakah alumni didikan TNI dsna bung?

    • Bung Syamsul, permintaan resminya kemungkinan lewat Rusia….hehehe

      Kontak pasukan di sana kemungkinan memang alumni didikan satuan tanpa nama bung….hehehe

  10. tukang bohong on

    Your CommentKOGABPASSUS….(bukan kopasus saja) Imho 🙂

    awal ceritanya membuat meriang.. panas dingin, ada apakah sesungguhnya yg terjadi di daerah dingin? mengapa rusia memerlukan tni(spesialisasi khusus) untuk ada disana..
    mungkinkah didaerah panas tni sedang melakukan “test drive” thdp peralatan lenong baru??

    ditunggu bung @hadna kabar selanjutnya.. jangan pake lama… hihiii…

  11. Rafa Aero Putra on

    to be continue…… ^_^ begitulah seni,kisah ‘sinetron’ msh berlanjut,hehe….. sinetron mata telinga yang disematkan di hidung Su-35 mutant juga apik, semoga bisa segera di uji di suriah,kalo sukses akan menjadi cikal bakal avionik modern untuk pespur lokal,, lancrotkan Pak Hadna,,, imho ^_^

  12. Tau gak kerjaan yg paling menyebalkan..??? Menunggu sambungan artikel bung hadna.. Gak pake lama mas.

  13. Mantab bung hadna hoax lanjutannya.bisa jadi pangkalan su35 baru disuriah..operatornya dri tni semua..bikin bangga aja nih..selamat menikmati buat teman2 semua.

  14. Wow,jika benar adanya sy salut untuk para hulubalang kita yg telah mempersiapkan diri di segala kondisi palagan..

    Btw kopassus wanitanya tuh serem amat ya tampangnya..semoga suaminya seorang penyabar xixixixixixi

  15. Hmm..keren juga ya TNI bisa partisipasi membantu ke berbagai negara konflik..
    Semoga bermanfaat buat masyarakat sekitar dan konflik sgera selesai.. Amiin..

  16. Bakul Ikan Hias on

    Bung Hadna untuk statmen bapak besar kok tdk ada sambungannya? yg kmrn kn baru statmen dari mantan presiden yang genius

    • Bung BIH, sengaja saya tdk selesaikan krn banyak yg menyangka saya ngalor ngidul buat cerita…..hehehe

      tapi bagi saya lebih baik tidak saya teruskan krn bagi saya mengarang cerita yg nyerempet2 kadang bikin saya jadi nggak enak bung….hehehe

      • lanjutkan aja bung hadna, ane sendiri juga penasaran sm statement bapak besar, bnyk dsni yg penasaran jg rupanya…

      • harapan kami disini seharusnya dilanjutkan…tentu kami boleh merasa kecewa bila tidak dilanjutkan…walaupun hanya sekedar cerita hoax

      • Bung hadna tolong di lanjutkan lagi yg cerita statement ” bpk besar ” sy penasaran bngt nunggu ceritanya smpai selesa , sy suka cerita” hoax nya bung hadna jgn berhenti berkarya y bung di tunggu kelanjutan cerita hoaxnya

      • Iya Bung Hadna..
        Walaupun dibilang hoax ngalur ngidul
        Tetap lanjutkan cerita Bapak Besar.
        Kami disini masih banyak yang optimis koq bung dan menambah wawasan.
        Mereka yg sering bully pesimis sama bung hadna didiemin aja Bung Hadna.
        Salam hangat Bung Hadna

      • Rusia udah ngacir dari suriah
        Dan juga hambalang dipolitisasi mana ada cerita oertrmuan mantan presiden dan boneka tongki

    • bakul ikan hias on

      bung Hadna pertimbangkan kembali untuk menghentikan crita sambungan bapak besar, rekan2 patga sangat menantikan serial itu. sudilah anda untuk melanjutkannya kembali karna sumbangsih pemikiran dan pencerahan bung hadna sangat diperlukan untuk memupuk jiwa kebersamaaan kita di patga selama ini..

  17. Pejuang Zaadul on

    banyak maksud terselubung nih dalam penugasan. butuh clue lanjutan dari bung hadna.
    oh ya bung, kemarin cerita yng lagi rapat sama presiden n mantan presiden ko ga di lanjutin, heheh

    • Bener bung.
      Banyak yang terselubung nih….
      cuman 1 yg bisa saya pahami.
      misi pasukan perdamaian itu ternyata bisa jadi modus TNI buat operasi klendestein…
      xixixixixi….

    • Menurut saya itu kebetulan saja bung, dengan adanya penugasan tsb, TNI praktis bisa mengetahui kondisi disana.
      Maksud utama dalam setiap penugasan TNI di PBB adalah selain utk mengamalkan UUD kita yang secara aktif menjaga perdamaian dunia, penugasan ini juga sbg kehormatan bagi TNI yg diberikan kepercayaan dari lembaga dunia PBB.

  18. Sedaaap baca nya, sambil minum kopi… sruput… membayangkan prajurit2 wanita yg tegap, sekel dan kuat2… hm…. ” Mas !!!, di suruh nyuci kok malah senyum2 sendiri sambil liat2 hp !!!, ngalamun jorok ya?!!!” teriak istriku. “Ga kok dik, anu ini mas hadna bikin cerita lucu.. ” jawabku. 😛

  19. Wah..sudah sampai ternyata novel bung Hadna, dari cerita awal sampai yang ini saya pribadi sangat bangga sebagai rakyat Indonesia, didalam sepi dan diam para Patriot aktif dalam menjaga dan mengisnisiasi perdamaian dunia tanpa hiruk pikuk, doa kami selalu menyertaimu para Patriot Bangsa, semoga diberikan kekuatan, keluasan dan kesuksesan dalam bertugas…, Jayalah Indonesiaku….

  20. Bung hadna, apa ini salah satu penyebab TNI tolak gabung koalisi saudi y bung?
    Trus tar bs ketemu pasukannya malon dong bung? Koalisi saudi ingin membubarkan pemerintah sah suriah, TNI dalam diam dan tenang menegakkan pemerintahan suriah yg sah.
    Klo yg daerah dingin apa nanti ndak bentrok sama korut bung hadna?
    Tunggu pencerahan bung hadna, bingung yg daerah dingin tjuannya sebenarnya ap,,,,,

    • Bung Suka2, kalau dalam cerita ini kita belum bertemu dengan pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi, justru pada saat awal Rusia akhirnya memutuskan masuk gelanggang palagan Suriah…..hehehe

    • Jadi pasukan TNI bergerak sblm rusia masuk, utk mengamankan bandara udara dan pelabuhan sbg markas rusia nantinya.

    • Bung Kang Somay, justru memang beresiko tanpa payung PBB…. tapi PBB pun diam tak berkutik dalam perang di Suriah ini seperti tidak punya taji…. Makanya Rusia memutuskan untuk masuk gelanggang dengan perhitungan yang cukup matang……hehehe

  21. Dari cerita tersebut udah jelas bahwa kita SEKUTU rusia dan suriah haha!
    Cuma tidak di publikasikan secara gamblang.
    Ternyata kita membantu suriah kirain diam saja . True line and choice TNI !

  22. kyknya, angan2 saya bahwa TNI akan ikut andil dalam palagan Suriah mulai mendapat titik hijau. Marinir, Denjaka, Paskhas, Bravo 90, Kopassus, Kawat dari moskow kira2 apaan y isinya??

    Perang besar yg jls tlh diujung tanduk, Saudi Turki Israel US Hendak mengalihkan kegagalan ISIS meruntuhkan Presiden Assad ke Libanon. diawali dg melabeli Hizbullah sebagai Teroris n ada upanya memicu perang saudara lagi di Lebanon. Jerussalem dlm kondisi kritis, Libanon dlm bahaya besar, Mesir Siaga.
    wait n see

    Kasamago.com | Store.kasamago.com

  23. Untuk operasi ke daerah panas berati ini saat Rusia mau masuk pertama kali di Latakia ya Bung Hadna? kan pertama buka homebase AU & AL-nya di daerah sana… 🙂

      • Thanks Bung Hadna, dulu pas awal2 rusia mau masuk…sy pernah ngikutin tweternya pasukan pro suriah yg ngebantu persiapan di pangkalan Latakia, dia ngupload photo2 kegiatan dan perkembangan di sekitar hombase yg akan digunakan Rusia. Di situ ada photo2 org yg muka2nya ky orang kita (indonesia bingit) 🙂 …pakaian sipil, tp postur badan, topi dan sepatunya khas militer bngt…hmmm….mungkinkah…??!hehe….syukur deh klo gitu, 😎

  24. Naga terbang on

    Bung Hadna, lanjutan dari seri kemarin kapan dikeluarkan, sangat menunggu ceramah dari bapak presiden yang satunya..
    Salam

  25. Eka Wastu Baladika on

    Akhirnya dibuka juga “sedikit” peran tni di timur tengah yang melatih tentara negara tetangga israel ga dibabar juga bung Heeee. Oh ya ad yang kurang dari maklumat komandan jika tertangkap terbongkar misi kalian bukan tni tapi jihadis negara tidak mengakui jihadis heeeee

  26. jaka umbaran on

    Dalam operasi khusus ada operasi yang lebih khusus lagi

    Salam. Hangat bung hadna
    Tetap NKRI harga mati.!!

  27. kuli pelabuhan on

    suriah dan Vladivostoc ya Bung hadna? hmmm, jadi inget tetangga yg usil. di bag utara panas pol yg di selatan dingin pol. apa ada scenario pre emptive strike ke down under bung Hadna?

  28. BUng Hadna, trims atas artikelnya….maaf btw OOT dikit nih bung…. abis baca berita bbrp hari lalu bahwa uwak sam akan menepatkan pesawat pembom B-1 nya di darwin….. alasannya menjaga keseimbangan LCS… ane jd kepikiran… kalau mau jaga LCS kenapa nggak ditaruh di subic, atau di singapore, atau di jepang? ane kepikiran ini jangan2 buat nakut nakutin indonesia kali ya ? apa pihak hulubalang indonesia kira2 udah punya ramuan jitu buat nangkal uwak sam ama keponakannya aussie kalau2 mereka nakal ganggu indonesia? moga2 aja indonesai selalu aman makmur…amiin….

    • Benar bung menurut saya tdk praktis bila markasnya didarwin bila utk lcs krn berarti harus melewati wilayah indonesia dulu bila indonesia tdk mengijinkan maka pesper tsb hrs belok dulu ke wilayah pasifik.

  29. hehehe muncul kembali crita bung Hadna .. tp yg crita sekarang lebih ke arah strategi ya bung ..
    bukan ke arah keunggulan alutsista hehe
    lanjutin saja bung Hadna cerita dari mantan presiden yang satunya .. biar saja dianggap ngalor ngidul hehe

    mari mengunyah bareng-bareng untuk info yang ada di artikel bung Hadna ….

    KSAU menambahkan penjabaran dari Panglima sebagai berikut:
    ………….. kemudian saya harapkan percepatan pembuatan pespur mandiri kita, IFX dan LFX serta segera dimulainya program pespur Gen 6 dan program pesawat angkut mandiri kita N450 dan R500……..

    KSAD juga ikut menambahkan :
    ………… serta Gandiwa Block II …

    Mantan Presiden (1):
    Untuk industri pesawat, pabrikan yang sudah ada akan sibuk dengan pembuatan C-295, NC-212 400, perakitan Super Puma, meyiapkan lini produksi EF Typhoon nomer 11-88, menyiapkan lini produksi N219, pesawat AKS berbasis CN-235 dan C-295, pesawat AEW&C berbasis C-295 dan meyiapkan lini produksi IFX Block I, II dan III… Serta menyiapkan lini produksi Merlin, heli angkut medium berbasis Merlin serta perakitan A-129, serta menyempurnakan desain Gandiwa,… Oh ya, Tiger kita dapatkan, tapi bukan dari Perancis, tapi dari Germany, kita akan reverse engineering dari buatan Germany, Perancis pelit soalnya….

    naaaah .. di artikel bung Yayan yang berjudul http://patriotgaruda.com/2016/03/10/terima-kasih-eyang-habibie-catatan-seorang-chef-part52/ ….
    tertulis disitu …
    ………. Di tengah pusat industri PTDI, pemerintah Indonesia telah membangun sebuah kawasan yang amat steril, yakni Design Centre Indonesia. Disinilah semua teknologi yang kita miliki akan dikolaborasikan dengan teknologi yang kita peroleh bersama Korea. Bahkan disini pulalah, taktik dan strategi cerdik dirancang sekiranya negosiasi alot dengan pihak USA mengalami jalan buntu…..

    nah .. apa info dari bung Hadna yang berjudul hoax itu salah ….dan dari bung Yayan yang tidak ada hoaxnya itu yang benar? koq nyambung ya hehehe
    atau apa bung Hadna itu sama dengan bung Yayan hehehe? lha terus kok judul artikelnya ada yang pake hoax ada yang tidak?

    bagi yang anti hoax .. monggo di jawab pertanyaan saya ya?

    itu baru disebut bung Yayan yang terkait dengan perkembangan pespur lho .. lha yang selain pespur masa ga ada info perkembangan kemajuan inovasinya? hehehe

  30. Ceritanya mulai…. sebenernya yang lebih menarik adalah di kolom comment ini karena banyak clue betebaran hihihi … Salam Bung Hadna

  31. Jenggot Bonar on

    isi abstain dulu, hoax corner edisi luar negri ,,, jadi penasaran banget, kalo g’ salah ini rekues yg kemarin ya bung hadna hehehe… Timus tengah… ? .imajinasi saya mulai menerawang keangksa. (Apa ya di perlukan moskow, kita siapkan rincianya). Saya garis bawahi yg ini.penugasan personel2 yg kesuriah dalam misi ini kok erat kaitanya dngan moskow, ada apa dngan rusia di suriah hehehe … Imajinasi saya g’ pernah mleset lo…. Kok sangat wah gitu, sampai 3 matra di terjunkan ke suriah, apa untuk mencoba strategi baru ya. .. Sekalian tes alat dari rusia dari arsenal 3 matra sekaligus, untuk mendapatkan botol pulpen , waoo. Trimakasih bung HADNA .jangan berhenti berkarya untuk meningkatkan rasa nasional dalam diri kami ini.

  32. Bung Hadna, ini tugas dalam rangka perundingan perdamaian kah untuk yg di daerah panas ?
    secara katanya lagi gencatan senjata.
    Kalau yg dingin , tugas apa ya ? konflik crimea kah ?

  33. Bung hadna apa para bad boys ikut berperan di cerita hoax ini…oh yh jgn terlalu lama sambungannya bung…hehe

    • Bung Argaksa, “badboys” sdh dari awal terjun langsung bersama pasukan Suriah di berbagai front…. Jumlahnya terlalu sedikit, tapi syukur masih dapat bertahan meski banyak personil juga yang gugur…..

      • Bung Hadna apakah sepadan mengirimkan kesatuan tanpa nama ini ke medan perang? Mengingat bnyak yg gugur juga apakah bermanfaat sekali untuk pemerintahan kita sehingga mengobarkan nyawa bagi negara lain?

      • Brita lama ini scr tersirat yg plg mungkin yg berdekatan di prokimal onl blgspot 29 okt 2013 (papa bear minta) dan milobs order sekitar 2012 ke sono.jaya selalu nkri

    • werengcoklat on

      iya sepertinya salah satu kiprah pasukan tni di suriah menjaga kepentingan indonesia termasuk menyelamatkan TKI/TKW, bravo bangsaku

  34. salam buat patga semua, saya selalu menunggu cerita hoax bung hatna kalo bisa tolong lanjutanya besok udah di tempel di patga,kapan ya bisa liat pespur IFX ama LFX buatan anak bangsa betapa luaaarrrrrr biasa bangga salam patga

  35. Jenggot Bonar on

    salam bung [email protected] yg saya duga … Di edisi hoax ini, di sinyalir mempraktekkan stategi tni dari 3 matra, untuk di analisa segi kekuranganya, dan di sini yg di anggap pas untuk mempraktekkan adalah ruriah… Seperti meneyung 2-3 pulau tergapai . Cerdik juga TNI ku.. Oh iya bung BT, edisi guritanya jangan lama2 ya entar keburu basi lo.

  36. Jenggot Bonar on

    Bung HADNA. Jangan di hirukan ,lanjutkan ja cerita hoax corner yg dari bpk besar. Dulu bung NARAYANA juga gitu. Di gembosi di tengah jalan, padahal krontribusinya di warung sebelah cukup mentereng, karna tidak sejalan pemikiran, seperti halnya terusan hoax corner bpk besar. Harap di pertimbangkan kembali … Hehehehe (pokoknya maksa.com.) salam bung hadna, semoga kesehatan terus menaungi anda sekluarga. Amin.

    • GHOST ARMY mengapa kamu marah-marah, mengapa kamu sewot ??? apakah hanya karena membaca cerita hoax corner di sini kamu menderita ?? kehilangan harta? kehilangan saudara? kehilangan pekerjaan? kehilangan anak? kehilangan istri? kehilangan orang tua? atau kehilangan kesombongan?? sudahlah GHOST ARMY relax saja , nikmati cerita hoax ini dengan tenang……oke??!!

  37. wkwkwk, dari sekian cerita hoax bung Hadna ini baru yang bisa masuk daerah kerasionalitasan saya. Saya tau ada beberapa pasukan-pasukan yang disebut yang diturunkan disana. Saran buat Bung Hadna kalo nulis “HOAX CORNER” 75 persennya harus benar-benar asli ya bung. Terserah 25%nya. Karena nanti bisa jadi pembodohan, dan onani otak yang berlebihan di masyarakat. Takutnya masyarakat terbayang2 atas cerita yang tinggi ini, padahal “mungkin” sebenarnya tidak. Thanks Bung 😀

  38. Masih menerka…. cs an sama rusia. Bung hadna, apakah ada maksud lain dan rencana “pribadi” Indonesia dalan misi tersebut. Ga mungkin kalo cuman ngirim tentara ke suriah hanya untuk memenuhi keinginan rusia saja. Gongnya apa ya bung?
    Usul bung aktor dalam ceritanya jangan cuman tentara resmi saja, octopus juga dilibatkan bung. Nuwun

    • Tidak ada rencana pribadi Bung Andri di Suriah….. Ini murni krn pemerintahan yang sah digoyang dan di fitnah oleh lawan2 mereka…. Gong nya adalah ketika para pemberontak dukungan Barat mulai menyerbu pasukan2 reguler Suriah diberbagai front dan kota….. Kemungkinan kita terlambat menyadari bahwa efek pertempuran akan panjang, sehingga yang terlibat di awal pun hanya sedikit, tapi dengan sigap para petinggi pun menambah jumlah personil sedikit demi sedikit….hehehe

  39. salam hoax patga hehe….
    Assalamualaikum sodara sebangsa…
    Selintas mmbaca didalam laju kereta, ma’af mgk usia tua saya mmbuat sy salah mmbaca atau mencerna. Jelas mmbaca dlm kondisi saraf mata yg lelah sgt trkesan memaksaken hehe…
    Saya mngikuti bung hadna, tntu balutan info chef bung yayan sy jg smpat sekilas mmbaca, insyaallah sesmpainya nnti sy akan ulang lg mmbacanya. Ksmpatan utk isi kolom sapa ini tak lain adlh banjir yg melambatkan arah tujuan bhkan kdg mmbuat trhenti seketika laju kereta, hehe ….
    Btw…
    Ada bbrapa poin yg trtangkap mata lelah saya ini adlh hoax bung hadna trsetting (opini pribadi sy ) hasil kolaborasi satu bulan sblm konflik di crimea ktika ada bbrp pati trtangkap kamera NSA sdg ngopi di Vice.
    Dan stelah Gugurnya bbrp pion kita dibalik serangan rudal nato yg mnghantam RS.
    (Wah bakal ramai dan panjang ini jk sdh mngarah pd rumah sakit/ singgah rahasia kita diluaran sana bung).
    Haha ntah ini sekedar tebakan hoax saya atau jstru request saya pd bung hadna utk mngaitkannya hehe…
    Tp jk tak salah tangkap di artikel ini trkesan kita sgt tunduk pd lobi Rusia bung hadna, secara riil saya akan menyanggah konotasi tsb dg bbrapa pengetahuan saya yg sdikit. Rusia jstru berani mnghajar ISIS stlah signal itu didapat dr cara Indonesia menatap dan menghakimi ISIS. Kita tak mmpersiapkan keperluan moskow di suriah bung, jstru kabel bidak moskow lah yg memaksa rezim assad utk mmpersiapkan sgl ops kita di syriah dg kondisi penuh. Mski sekutu dekat, assad tdk mnentukan kunci masa 100 th rusia kedepan, tp dr konflik syria maka jalan mnuju 1000th Rusia
    lbh trbuka. Dan bs ditebak hoax saya hehe…
    Siapa yg paling pantas dan efektif utk dirangkul sbg sentral pembuka gerbang kejayaan Rusia yg setara bahkan lebih dr sekedar supremasi UNI SOVIET dulu ??
    Ingat afganistan adlh pelajaran buruk bg soviet tp blm tntu bg Rusia jk itu dilalui dg belajar pd komunitas muslim trbesar dunia, ya kita dong hehe…
    Mghapus sejarah kelam soviet di medan afghan tentu rusia tau psti dimana fatalnya dan gmn pahitnya, dan pasal2 solusi itu tak prlu dicari sbg mission impossible bg putin eks agen kawakan. Putin tau isi pimpong misteri itu hanyalah kuisioner intrik yg perlu ditulis jelas “Indonesia”. atau hanya disini mgk jawabanya hwhe di patga, mari bung hadna lanjut ngalor ngidulnya…kereta saya jg mulai lancar. Selancar abdi bangsa ini mengirim pesan kpd awak KS nuklir AS bhw konon kita tak canggung, dan nampak trbiasa mngoperasikan KS nuklir mrk. Apa krn kita punya ? Jelas tidaklah, tak mgk utk saat ini….tp AS yakin sekali bhw kita diam2 trnyata tlh trdidik dan siap mnggunakannya hehe..
    Salam hangat…
    NKRI JAYA !!

    • Thanks bung, di depan kopi angkringan dan saren serta tembakau gudang garam saya mengunyah sedikit infonya. Saya yakin bung masih punya info yang lain. Hehe us cerdas ya … untuk mencari info kesiapan pasukan baqah laut kita. Semoga selamat sampai tujuan bung.

    • Salam hangat untuk anda Bung Trahlor….. Memang dalam cerita ini seakan2 kita diminta oleh Rusia untuk membantu mereka…. Krn mungkin saya tdk begitu tahu latar belakang nya…. Analisa saja Bung Trahlor, sebelum Rusia memastikan ikut masuk gelanggang, banyak sudah para “patriot” kita bahu membahu dengan para prajurit Suriah membendung serangan bertubi2 dari 2 pihak…. Pihak pemberontak dan pihak yg menamakan dirinya ISIS bung….

      Sempat kewalahan di awal front terbuka, tapi lambat laun bisa mengatasi taktik serbuan 2 pihak ini…. Rusia masuk atas pertimbangan persaudaraan Muslim dan permintaan resmi Suriah yang dikompori oleh Indonesia…..hehehe

      Semoga perjalanan kereta anda lancar selancar Bung Trahlor bercerita berbagai kiasan……

      Salam Patriot…!!

      • Seneng banget baca corner hoax nya bung Hadnna……….selalu sy tunggu……smg cpt update yah…….hehehe…….ijinkan saya berimajinasi……Wah…….sepertinya motif Indonesia membantu Suriah sama dg motif Iran……dengan masih kuatnya Suriah, paling tidak mencegah kekuatan USA n kawan2 “datang” k tanah air….saya masih mengingat ingat gosip umum yg beredar bahwa Papua adalah sasaran berikutnya….Balkanisasi Indonesia pelan tapi pasti akan dilakukan, untuk sementara ini, pihak Barat bisa dianggap berhasil melalui DEVIDE ET EMPERA nya d media nasional, banyak sekali pro dan kontra saat ini…saya mengerti bahwa perbedaan pandangan terhadap kebijakan2 pemerintaan saat ini adalah suatu hal yg wajar, tetapi perbedaan yg yerjadi akhir2 ini sangat ekstrim bahkan cenderung anarkis meskipun masih pada tingkatan opini d media2 nasional…….semoga hal ini tdk berkembang menjadi hal yg bs memecah persataun n kesatuan kita……bagaimanapun, asing lah yg akan menang jk kita tercerai berai…….

        • Berbagai cara terus dilakukan US dan sekutunya bung PP.. proxy war trus berlanjut, salah satu cara mengadu domba sesama anak bangsa baik itu melalui cara membenturkan para elit politik maupun rakyat jelata… dan yang menjadi perpanjangan tangannya adalah media … Us dan sekutunya terkejut dengan keberhasilan Indonesia merapatkan barisan, yaitu partai yang bersatu untuk satu tujuan yaitu “Berdikari”… Indonesia berdikari menjadi momok menakutkan bagi dunia… Dan Indonesia siap menerima kondisi terburuk .. Program swasembada pangan adalah suatu yang menakutkan bagi Us dan sekutunya.. Swasembada pangan berkaitan dengan perang semesta dimana kekuatan logistik pangan sangat menentukan kalah menangnya kita dari serangan luar… Dan saat ini Indonesia memainkan politik luar negeri yang agak berbahaya… tetapi Indonesia telah siap dan sangat siap menerima kondisi yang terburuk sekalipun atas permainannya… Sudah saatnya Indonesia bangun dari tidurnya…

        • jika kita bicara media,, maka siapa yg memulai,, maka dia yg menghentikan….

          Media yg memulai Pencitraan,, maka media yg harus menghentikan itu…

          dulu bapak besar di akhir pemerintahannya di habisi media,, apakah nama bapak besar jd buruk saat ini…?? TIDAK…
          ketika pak Jokowi di besarkan media dg jurus pencitraan,,apakah setelah jd presiden namanya di terima seluruh rakyat indonesia…?? jwb nya TIDAK…

          Artinya Sampai kapan pun, akn ada perlawanan dr sesuatu yg tdk Rasional,, itu alamiah dr sifat manusia,, bagi sy yg tdk melawan itu yg tdk alamiah….
          tidak rasional nya bapak besar di hancurkan media, dilawan dg semakin banyaknya mereka yg salut dg jasanya…. dan saat ini, tdk rasional nya media mengelukan pak jokowi di lawan dg memposting keburukan keburukan pemerintah…..

          Pertanyaan nya,, Siapa biang kerok perpecahan bangsa ini… jika sy akn tanpa berpikir panjang menjawab : MEDIA
          media yg memulai,, maka media yg harus mengakhiri…

          ***Hujatlah Jokowi secara berlebihan spt kalian hujat SBY di akhir akhir jabatannya,, maka kalian akn melihat org yg saat ini menghujat jokowi akn berbalik membelanya…
          tp jika tdk bisa,, maka seimbanglah dlm menyampaikan berita, baik katakan baik,, buruk katakan buruk.. maka hujatan hujatn itu akn mereda seiring waktu…

  40. Bakulo Wajaro on

    Heheheheheehe…. Wadohh makin banyak muntahan ane di kresek bung Trahlor….hoek..hoek..gubrakkkk…xixixixixi… Analisa tambahan yg bikin kuda besi ane yg butut tambah brebet…wkwkwkwkwk…. Artikel mantap dari bung Hadna yg tersambung dgn uji black label bung Yayan yg akan di uji coba di suriah dan ternyata di realisasikan oleh rusia saat ini dgn mengirimkan para angsa hitam xixixixixixi.. Lanjutkan bung Hadna dan bung Trahlor… Sehat selalu untuk anda berdua dan keluarga.. Adios Amigos..

  41. Superbia…semoga para patriot yg gugur seperti bung trahlor ceritakan mendapatkan jalan menuju singgasanaNya …amin

    Salam Patriot

  42. Apakah ini hanya kebetulan, nama yang samar2 sama, Suriah dan Sarinah….?? Para patriot kita melumpuhkan teroris di Sarinah hanya menggunakan pakaian sipil dan itu berhasil…Dan mungkin juga para patriot kita di Suriah juga berpakaian sipil utk menaklukan Isis dan hasilnya kita tahu saat ini telah terjadi Genjatan senjata, padahal sejak Nato beroperasi berbulan2 tdk ada hasilnya sama sekali…Semua itu hanya Alloh SWT yg tahu, dan kita patut bersyukur kita telah diberi kelebihan yg tdk dimiliki olh Ras/bangsa lain..

  43. nah Bung Trahlor datang…..semoga bung Trahlor membawa clue2 yang belum dibabar oleh bung Hadna…Jayalah Nusantara

  44. yang di tunggu2 akhinya muncul jg, walaupun bukan lanjutan dari cerita sebelumnya..kali ini gaya tulisannya agak sedikit berbeda dari biasanya..klo biasanya bung Hadna selalu terkesan serius kali ini agak balutan humor ringan..sepertinya bung Hadna telah menemukan partner dalam menulis cerita ini…hehehehe……salam untuk Bung Hadna dan keluarga

  45. Rakyat Jelata on

    Wadooooooh… Ketinggalan kereta… Udah panjang nian coment2 warga patga disini..
    Salam Hangat utk Bung Hadna..
    Apa Kabar Bung Hadna..???
    Saya harap anda sekeluarga msh dlm Lindungan-Nya… Amiiiiien..
    Terima kasih Bung Hadna, Anda telah sudi melanjutkan menulis artikel di Patga..
    Kehadiran Anda sgt dinanti para warga disini Bung…
    Walaupun kita tdk bergabung dgn koalisi arab saudi di Suriah..ternyata tentara kita telah membantu Suriah dlm Silent Ops.. Mantaaab..
    Tambah Bangga dgn NKRI..

    Oia,Bung Hadna,, tolong yang seri Hoax Bapak Besar dilanjutin Bung.. Biar tuntas cerita Hoax nya… Hehehe..
    Terimakasih..
    #SalamPersatuanIndonesia

  46. Salam, sejahtera bung Hadna. Saya selalu membaca artikel yg membuat saya kadang” percaya & tdk percaya. Tapi salut buat anda sudah memberikan imajinasi buat warga Patga, apakah Hoak ini juga ada, hub dengan ini bung :

    ”Dalam waktu singkat Rusia telah menciptakan sebuah kelompok militer kecil tapi sangat efektif (di Suriah). Pekerjaan yang efektif dari militer kita tetap diperbolehkan selama proses perdamaian dimulai,” lanjut Putin.
     
    “Dengan bantuan dari Angkatan Udara Rusia, pasukan Pemerintah Suriah dan pasukan patriotik telah mengubah situasi perang dengan terorisme internasional,” imbuh Putin.

    TNI..OK.

  47. tukang bangun on

    Masih sulit mengunyahnya. Kondisi alutsista yg masih belum ideal, kemandirian yg masih perlu waktu, tapi kita sudah terlibat di perang timur tengah? Tapi mengingat bahwa skill prajurit perlu terus di asah utk menghadapi perang2 modern dlm segala kondisi, cukup beralasan! Apakah kini isis menjadi objek penderita, menjadi sasaran bersama (dr berbagai negara) utk pembuktian battle proven dari segala jenis produk alutsista, stategi militer dan skill prajurit (lewat gerbong rusia atau amerika) ….???, wallahua’lam!
    Semoga rakyat suriah bukan menjadi korbannya. Amin.

    • Bung TB, ISIS hanya menjadi objek penderita buat 3 negara, Suriah, Rusia dan………..hehehe

      Kalau US tidak mungkin karena memang kepanjangan tangan mereka utk menurunkan rezim Assad di Suriah bersama Arab dan Turki……hehehe

      • bukannya ISIS juga kena hajar oleh Irak, dan Iran…..di Irak?

        Bagaimana peran Iran di suriah bang? bukannya cukup sangat signifikan toh perannya disana?

  48. salam Indonesia untuk semua saudara2ku di patga,

    wowww….bung Hadna release lagi artikelnya…ketambahan bumbu dari bung Trahlor……barokalloh.
    puzzle semakin berderajad kompleksitasnya……yok opo iki, rek…lak sinau maneh…xixixixixi

    salam Kejayaan Indonesia Raya

  49. Salam Sejahtra Bung Hadna,

    Apakah ini ada hubungannya dengan ini Bung :

    Dalam waktu singkat Rusia telah menciptakan sebuah kelompok militer kecil tapi sangat efektif (di Suriah).
    “Dengan bantuan dari Angkatan Udara Rusia, pasukan Pemerintah Suriah dan PASUKAN PATRIOTIK telah mengubah situasi perang dengan terorisme internasional,” ( SindoNews 15 Maret 2016 )

  50. kabar berita baru2 ini para pati ISIS yg tewas oleh snipper sangat mungkin sekali hasil dari kaloborasi pasukan kita, rusia dan suriah

  51. Bung Hadna .. bung Trahlor .. atau para patga yang lain ada yang tau kira2 ada clue apa tentang berita dibawah ini.. mungkinkah Soryu juga diminati TNI

    Akhir Bulan Ini, Pasukan Bela Diri Jepang Bakal Bantu TNI AL
    Mar 15, 2016, 05:41 WIB tribunnews

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA–Pemerintah Jepang akan mengirimkan Pasukan Bela Diri (SDF) dan Penjaga Pantai Jepang akan turun ke Indonesia akhir bulan ini.

    Seperti dikutip dari NHK, Senin (14/3/2016), pengiriman dua pasukan khusus Negeri Matahari terbit itu ditujukan membantu meningkatkan kemampuan angkatan laut Indonesia.

    Dijelaskan pengiriman personil itu dilakukan setelah kedua negara mengadakan pertemuan pertama menteri luar negeri dan menteri pertahanannya Desember lalu.

    Para menteri tersebut sepakat bahwa kedua negara akan memperdalam kerjasama pertahanan melalui langkah-langkah seperti meningkatkan dukungan SDF guna membantu memperbaiki kemampuan militer Indonesia.

    Angkatan Laut Indonesia berencana meningkatkan unit kapal selamnya.

    Kantor berita NHK menyebutkan tahun lalu Indonesia meminta kapal survei canggih buatan Prancis untuk membuat peta terperinci yang diperlukan guna menggerakkan unit kapal selam itu.

    Para pejabat Indonesia menempatkan harapan kuat atas bantuan Jepang dalam upaya pembuatan peta itu. (NHK)

    sumber : tribunnews.com

    maaf masih acak2an gan,maklum thread pertama nubi.posting dari mobile soalnya.ane tertarik dengan tujuan JSDF sendiri ke Indo. Kalo memang dengan tujuan pembuatan peta bawah laut apa memang harus dengan kemampuan militer kah??
    dan apa hubungannya dengan Indonesia yang mau meningkatkan unit kapal selamnya?

    • ….tentu menarik dampak dari 2+2 kemaren, bung…lha itu yg konon didesain olehIndonesia untuk pola diplomatik 2+2….

      padahal sejatinya, Indonesia dengan cerdik dan cerdas ngomporin Japan agar peduli dan tanggap darurat atas kepentingan nasionalnya dikawasan LCS khususnya and ASEAN. ya itulah inti konsep non-blok yaitu sebagai penyeimbang kekuatan yang muncul dengan kekuatan pihak lain sebagai penyeimbang. semua dianggap kawan dan teman koq. satu sisi diporotin hasil-hasil industri pertahanan Japan untuk kepentingan Indonesia dan sisi lain akan memberikan multiplier effek pada perekonomian Japan yang lagi sakit sehingga ada nafas untuk perbaikan ekonomi Japan + bonus daya tawar diplomasi Japan di LCS meningkat. Indonesia …….ya otomatis-lah terdampak benefit untuk penguatan ekonomi dan diplomasi.

      penguasaan ilmu non-blok menjadikan Indonesia sebagai dirijen dari sebuah orkestra (baca:palagan) di seluruh dunia …..hanya Indonesia yang mampu dan berani .

      ahhh…ngomong apa to yo….jangan terlalu yakini apa yang aku sampaikan….keberanian bertukar pikiran sesama saudara-saudara di patga itu malah jauh lebih bermanfaat membawa kebangkitan dan kejayaan Indonesia.

      ayo bung…kita jaga Indonesia kita.

      salam kejayaan Indonesia, bung!

    • kalau menurut saya, TNI harus mengantisipasi juga dengan mengajak jepang dalam membuat peta laut kita, apakah itu berarti malah akan membuka kondisi wilayah kita kepada pihak asing. Notabenenya seharusnya yang hanya mengetahui seluk beluk dan rahasia wilayah laut kita seharusnya hanya kita sendiri demi keamanan nasional kita dan juga sda yg terkandung di dlmnya.

  52. Bung Hadna, dan para patga, mohon tanggapan analisanya untuk peran tni di luar negeri..
    Kita masih ingat kejadian di tolikara papua, dan ditemukan bendera bintang daud,.
    Kemudian kita lihat sepak terjang ISIS, dan kekuatan proxy di belakangnya, serta rembesannya sampai ke RI, melalui agen2 terorisnya..
    Artinya tangan2 Israel sudah gatal menggaruk RI,,
    Saya sangat yakin RI sangat paham, kita perhatiikan pernyataan panglima Gatot tentang proxy war sudah terjadi di RI..
    Indonesia tidak ingin tinggal diam, daripada halaman depan RI di acak acak, maka RI dengan segenap kemampua untuk meredam proxyntersebut di hadapan halaman depan musuh, musuhnyg sebenarnya kita semua tahu “Israel dan US,”..
    Coba kita hubungkan dengan sikap tegas RI mengajak OKI boikot Israel dan mendukun palestina merdeka.
    Intinya adalah saat ini kita telah masuk pada perang sesungguhnya..
    Jayalah Indonesia.

  53. bung hadna@…tentunya sungguh hal mengejutkan bila benar adanya tentang keterlibatan indonesia/TNI dalam perang suriah..apalagi -memihak- pada-kubu rezim pemerintahan suriah(berarti bersekutu dengan blok timur cs)…? ? ??
    ….namun juga bukanlah-kabar baru-bagi dunia militer bila sebenarnya indonesia/TNI-seringkali-melibatkan diri dalam -operasi khusus bersama-membantu negara”(yang dianggap sebagai-sekutu pribadi-nya)yang sedang kesulitan akibat konflik perang atau hal lain-nya…..?? ? ? ??
    …dan mungkin akan menjadi penyesalan seumur hidup bagi amerika saat meng-embargo-indonesia…karena kenyataannya malah memberi kesempatan yang -amat langka-bagi rusia beserta blok timur-nya untuk segera merapatkan barisan dan bersama sama -merayu-indonesia..untuk bisa kembali menjalin-jalinan kasih-yang pernah-putus sementara-akibat -kasus PKI-tempo dulu….hahahahaaa
    ….rusia telah belajar dari pendahulu-nya uni soviet..bagaimana kekalahan yang berujung keluar dari aghanistan-salah satu penyebabnya adanya keterlibatan indonesia/TNI dalam membantu -pejuang lokal….maka jika sekarang rusia melibatkan indonesia/TNI dalam berbagai operasi militer diluar negeri-nya tentunya..bukanlah -pilihan tanpa logika-karena kenyata-nya pasukan elit TNI adalah yang terbaik nomer tiga didunia…xixixiixixiiiiiiiiiiiiiiii
    …tapi semoga indonesia tetap bisa menjaga diri dari resiko/akibat dari setiap keputusan yang dipilih.karena bagaimana-pun juga ada ratusan juta nyawa yang harus dijaga dan dilindungi-nya….
    ..salam guyub rukun dari kota tepi laut kidull…hehheeee

    • Bung Temurose, kita berkiprah di palagan Suriah bukan karena menjadi blok timur atau blok nya Rusia….. Kita tetap non blok, kita hanya melihat begitu masif nya serangan terhadap Suriah dan rakyatnya hanya karena ingin menguasai Suriah…… Ingat Libya, akhirnya masyarakat sana menjadi terpecah2 hanya karena rebutan rejeki dari ladang2 minyak nya, yang tertawa ya US dan para sekutunya bung….

      Maka dari itu untuk mencegah genosida berkepanjangan maka kita ikut serta dalam palagan ini, semata krn sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 untuk mewujudkan perdamaian dunia dan menghapus sistem kolonial dan penjajahan…..

  54. Terlepas dari itu semua berarti TNI bergerak independent atau bersekutu dengan rusia untuk memerangi ISIS n terorisme di timur tengah .. Karena pada saat negara islam membentuk aliansi untuk aktif memerangi terorisme di timur tengah TNI menolak bergabung..

  55. Naga Samudra on

    Untuk Kelanjutan serial Hoax disepakati seminggu sekali aja ya biar gak terlalu dekat,,
    Setiap Senin serial hoax akan selalu diterbitkan untuk menambah semangat bekerja

    di serial cerita berikutnya akan terkuak kenapa kita ada di suriah..
    salam patsus

  56. Kabarnya su35 cina ditunda smp akhir tahun soalnya blm ratifikasi walopun sudah deal.
    Jadi kunjungan menhan bulan depan ke rusia? Buat teken kontrak/ratifikasi/dibungkus/..ah sudahlah..

  57. Cah bumiratu on

    Saya kok memgira hal ini dari dimulainya hoax black lable ya. Sepertinya ada sambung menyambung ceritanya. Dan saya juga heran di medsos aja saya kalau minta video untuk youtube atas nama avionik selalu dikasih. Ataukah memang untuk penyuka dunia milter mereka, mereka juga mengtahui hal ini.

  58. Bung Hadna, bagaimana hitung2ngannya nih kalau kit amasuk ke palagan, bukankah kalau ketahuan kita ikut main bisa2 mulai ada proxy lagi di dalam negeri? ataukah yg kemarin tamrin sebgai permulaan

    • Bung LanudPespur, kalau soal hitungan nya saya tdk tahu….. Yang jelas kita tahu siapa dibelakang oposisi dan ISIS yang selalu bikin gaduh Timur Tengah…. Dengan dasar itu lah kita mensinyalir ada nya niat kolonialisme atas Suriah, sesuai amanah Pembukaan UUD 1945 untuk melenyapkan penjajahan dan mewujudkan perdamaian dunia kita bergerak….

      Dan Suriah memang mengirimkan kawat khusus kepada Indonesia….

  59. sungguh apa ini salah satu yg terpublikasi bung hadna? garudamiliter.blogspot.com/2016/03/kisah-dramatis-penyelamatan-tki.html?m=1
    tni luar biasa

  60. biyaknusantara on

    sebenarnya black operation yang dilakukan Indonesia sudah lama dan kerap dilakukan dan itu atas permintaan negara yang bersangkutan serta “restu” PBB tapi bukan pasukan PBB salah satu teman kuliah dulu di depok yg kebetulan Bapaknya Kopasus menceritakan kalau pernah Kopasus diminta membersihkan bandar kokain satu kampung, dan dengan berbekal pisau bayonet serta satu botol air mineral sebagai bekal pasukan diturunkan malam hari dan besok pagi kampung mafia kokain di salah satu negara di amerika latin itu bersih dan rata, mayat bergelimpangan saat pasukan kopasus dijemput heli pulang……

  61. @ma’af,
    TNI bukan Gurkha hehe….
    Tapi perang adlh penyaluran hasrat favorit dr puncak pelatihan. Trlalu naif sbuah makna netral jk itu besentuhan pd sbuah bisnis dan manajemen perang. War is boring….? hehe nonsenselah, perang itu uang. Perang itu kemapanan !!
    Assalamualaikum patga corner….
    Mski mninggalkan kehancuran dan kerusakan, tp perang mmbawa misinya sendiri sbg lambang kekuatan, mitologi kekuasaan dan derajat trtinggi.
    Jk ladang perang kering maka ekonomi dunia akan brjalan timpang dan itu kabar buruk bg sgl mashab pemuja srta pelaku industri perang.
    Btw…
    Tni scara profesional brperan dlm tradisi tua dunia, perang !!
    Mngikuti prhelatan bnyak palagan dg gemilang shingga mmbuat nama besar Indonesia smakin dperhitungkan.
    Investasi manusia petempur yg tak murah oleh negara hrs digunakan sbg alat diplomasi yg mnguntungkan. Sungguh aneh jk alat perang kita hanya mnjadi tua stelah tercetak sdemikian mahal dlm rentang wktu yg panjang dlm sbuah pelatihan dan pendidikan. Tni adlh prajurit berkualifikasi tempur murni, bkn abdi bhayangkara sbg pagar dlm negara. Wajar jk suriah, somalia, pakistan, kongo, afghanistan, libanon, zimbabwe, myanmar, yordania dll dijadikan medan latihan dan praktik pertempuran mski scara samar.
    Predikat ahli perang Gerilya itu bukan lagi dibelantara nusantara, tapi diseluruh palagan konflik dunia hehe….
    Dunia tau unit mliter kita aktif, kita terendus brmain bahkan dikonflik kelembagaan internasional semacam who, unhcr dan pegiat ham srta pemerhati lingkungan sekaliber greenpeace skalipun. Bahkan di asia kita prnah brperan layaknya rusia di syria loh.
    Srilangka sgt tau itu hehe…
    JAYALAH INDONESIA !

    • Bung Trahlor, apa yang anda sampaikan saya setuju…. Kita bangsa pejuang, buka petarung…. Pejuang adalah memperjuangkan apa yang sudah seharusnya dimiliki meski babak belur di awal, tapi manis di akhir….

      Srilangka saja mengakui, bahkan sekelas WHO angkat topi ketika aktif di epidemi Ebola Afrika…. Kecil tapi efektif serta manusiawi bung Trahlor……hehehe

      Salam Patriot….!!

      • Srilangka tau???…….wah jangan2 macan tamil elam keok gara2 keterlibatan TNI ya bung Hadna?

        Mohon petunjuknya

    • @bung Trahlor, Apakah ini penyebab TNI itu mendapat peringkat tinggi dan bs dikatakan naik peringkat lebih cepat drpd negara lain.
      Jika iya apakah hanya ini atau ada faktor lain yg terselubung yg menjadikan TNI mendapat peringkat tinggi di dunia

  62. Paketan tim khusus untuk timteng dalam palagan negeri syam apa ada hubungannya dengan penarikan pasukan rusia dari negeri itu, ato juga sebagai persiapan jika kemungkinan terjadi hal2 diluar rencana tentang kunjungan menlu retno ke ramalah, yg berpotensi terjadinya kasus belli dgn bani isroil.
    berarti kita udah siap gontok2an dengan para bani isroil,
    kalo gitu … siap kumendan saya asah dulu clurit ane… hehehe

  63. Bung Hadna, apakah pasukan kita ikut nyoba2 peralatan2 perang udara dan laut punya om bear nggak di suriah bung? hehehehhe … 😀

      • Seperti yg tertulis di artikel Bung Deddy Endarto “The Black Label”

        seperti biasa, saya supply hardware anda supply personilnya. Masalah biaya biar ditanggung korporasi kolega saya.

        Hehe mantap Bung Hadna.

Leave A Reply